Pengertian dan Unsur-unsur Lingkaran Lengkap dengan Penjelasannya

Kita tahu bahwa ada berbagai jenis bangun datar dan setiap bangun datar tentu memiliki unsur-unsur yang membangunnya. Salah satu jenis bangun datar adalah lingkaran. Lingkaran adalah kumpulan titik-titik yang membentuk lengkungan tertutup dimana titik-titik pada lengkungan tersebut berjarak sama terhadap suatu titik tertentu (titik pusat). Lingkaran mempunyai unsur-unsur diantaranya yaitu titik pusat, jari-jari, dimeter, busur, tali busur, juring, tembereng, dan apotema. Berikut ini gambar dan penjelasan mengenai unsur-unsur pembentuk lingkaran.

Pengertian dan Unsur-unsur Lingkaran Lengkap dengan Penjelasannya
1. Titik pusat
Titik pusat lingkaran adalah titik yang terletak di tengah-tengah lingkaran. Pada gambar diatas titik O merupakan titik pusat lingkaran.

2. Jari-jari
Jari-jari lingkaran adalah garis yang menghubungkan titik pusat ke titik lengkungan/keliling lingkaran. Pada gambar diatas garis OA, OB, OC merupakan jari-jari lingkaran.

3. Diameter
Diameter lingkaran adalah garis lurus yang menghubungkan dua titik pada lengkungan lingkaran dan melalui titik pusat. Pada gambar diatas garis AB merupakan diameter lingkaran.

4. Busur
Busur lingkaran adalah garis lengkung yang terletak pada lengkungan/keliling lingkaran dan menghubungkan dua titik sembarang di lengkungan tersebut. Pada gambar diatas garis lengkung AC, garis lengkung AB, dan garis lengkung BC merupakan busur lingkaran.

5. Tali busur
Tali busur lingkaran adalah garis lurus yang menghubungkan dua titik pada lengkungan/keliling lingkaran dan tidak melalui titik pusat lingkaran. Pada gambar diatas garis lurus dari A ke C merupakan tali busur lingkaran.

6. Juring
Juring lingkaran adalah luas daerah dalam lingkaran yang dibatasi oleh dua buah jari-jari lingkaran dan sebuah busur. Pada gambar diatas juring lingkaran ditunjukkan oleh daerah yang berwarna kuning/daerah BOC (yaitu daerah yang dibatasi oleh jari-jari OB, OC dan busur BC).

7. Tembereng
Tembereng adalah luas daerah dalam lingkaran yang dibatasi oleh busur dan tali busur. Pada gambar diatas tembereng ditunjukkan oleh daerah yang berwarna hijau (daerah yang dibatasi oleh busur AC dan tali busur AC).

8. Apotema
Apotema adalah garis yang menghubungkan titik pusat dengan tali busur lingkaran dan garis tersebut tegak lurus dengan tali busur.

Selain bagian-bagian/unsur-unsur lingkaran diatas, dalam sebuah lingkaran terdapat juga sudut-sudut seperti sudut pusat dan sudut keliling lingkaran, agar lebih memahami materi mengenai bangun datar lingkaran, ada baiknya jika anda membaca juga Sudut Pusat, Sudut Keliling Lingkaran dan Segi Empat Tali Busur

Berlangganan via email

0 Response to "Pengertian dan Unsur-unsur Lingkaran Lengkap dengan Penjelasannya"

Notes:
- Silakan download artikel jika digunakan untuk kepentingan sekolah atau pendidikan.
- Mohon untuk tidak men-copy paste artikel untuk kepentingan dipublikasikan kembali ke dalam blog maupun web Anda.
- Jika ingin mengutip sebagian isi artikel sebaiknya sampaikan dengan narasi masing-masing dan mohon menyertakan link aktif ke alamat artikel yang anda kutip.
- Silakan sampaikan komentar sesuai judul diatas dan dengan bahasa yang baik dan sopan.
- Mohon maaf bagi yang berkomentar kurang sopan akan langsung saya masukkan ke dalam spam.

Terima kasih atas perhatian dan kunjungan Sahabat.
Semoga Sukses.